Pendataan IDM berbasis SDG’s Desa: 7 Desa di Kecamatan Pelepat ilir telah merampungkan (100%) pendataan secara online per tanggal 31 Mei 2021

Kecamatan Pelepat Ilir yang terdiri dari 17 (Tujuh Belas) Dusun (sebutan Desa di Kabupaten Bungo) melakukan proses pendataan dengan 2 cara yaitu:

Pertama, dilakukan secara online. Yaitu pendataan yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi pendataan SDG’s oleh enumerator yang terhubung langsung ke server (simpan dan upload).

Yang kedua, pendataan dilakukan secara offline. Yaitu pendataan yang dilakukan oleh enumerator dengan menggunakan instrumen bantu berupa hard copy kuisioner kemudian diserahkan kepada admin desa yang kemudian dilakukan penginputan oleh beberapa operator yang ditunjuk.

Proses pendataan diawali dengan perencanaan yang meliputi penetapan Pokja Pendataan melalui surat keputusan Rio (sebutan Kepala Desa di Kabupaten Bungo) dan Bimbingan teknis, selanjutnya pelaksanaan dan pemutakhiran (satu paket dengan penetapan). Bimtek (Bimbingan Teknis) dilakukan mulai dari tanggal 22 April dan berakhir tanggal 11 Mei 2021 secara bergiliran di 17 Dusun.

Dari ke-17 (Tujuh Belas) Dusun tersebut, sebanyak 14 (Empat Belas) Dusun melakukan proses pendataan secara online dan 3 Dusun selebihnya melakukan proses pendataan secara offline.

Pendataan IDM berbasis SDG’s Desa meliputi 4 (Empat) komponen survey diantaranya:

  • Survey Desa

Survey desa terdiri dari data Lokasi desa, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, aset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, infrastuktur dan lainnya.

  • Survey Rukun Tetangga (RT)

Survey Rukun Tetangga (RT) terdiri dari data diskripsi lokasi, pengurus RT/RW, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasilitas ekonomi, infrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosbud, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga

  • Survey Keluarga

Survey keluarga terdiri dari data diskripsi lokasi, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain secara by Name by Address (BNBA).

  • Survey Individu

Survey individu terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan secara by Name by Address (BNBA)

Progress per tanggal 31 Mei 2021:

Sebanyak 7 (Tujuh) Dusun telah menyelesaikan pendataan (100%) secara online sebelum tanggal 01 Juni 2021, telah ditetapkan dan laporan hasil pendataannya telah dikirim ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi via email. Ke-7 Dusun tersebut yaitu:

  1. Kuamang Jaya,
  2. Maju Jaya,
  3. Lingga Kuamang,
  4. Kuning Gading,
  5. Sumber Harapan,
  6. Sumber Mulya, dan
  7. Tirta Mulya.

Progress menjelang 05 Juni 2021

Berikut progress pendataan hingga 05 Juni 2021:

  1. Muara Kuamang sudah 100% (online)
  2. Bangun Harjo sudah 100% secara offline dan hampir 100% proses input secara online
  3. Karya Harapan Mukti sudah lebih dari 80% (online)
  4. Koto Jayo telah 100% survey keluarga dan 70% survey individu (online)
  5. Lubuk sudah memasuki angka 70% (online)
  6. Purwosari sudah memasuki angka 50% (online)
  7. Lembah Kuamang sudah 100% pendataan offline dan sedang dalam penginputan secara online
  8. Daya Murni sudah 100% pendataan offline dan sedang dalam penginputan secara online
  9. Danau dan Padang Palangeh baru memasuki angka 40% (online)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*